Manfaat madu untuk kulit kering

Siapa sangka, ternyata madu juga ampuh mengatasi kulit kering secara optimal. Temukan berbagai  manfaat madu untuk kulit kering di bawah ini.

  1. Menjaga kelembapan kulit

Madu merupakan salah satu bahan alami yang sangat baik untuk kulit kering karena dapat menjaga kadar air dan kelembapan kulit.

Manfaat madu ditunjukkan dalam sebuah penelitian dari jurnal Molecules yang menjelaskan bahwa madu mengandung gliserin yang bertindak sebagai humektan. Humektan adalah senyawa yang fungsinya untuk menarik air dari lingkungan sekitar dan mengumpulkannya di struktur luar kulit.

Oleh karena itu, penggunaan madu untuk perawatan kulit dapat mencegah berlanjutnya penguapan kadar air (transepidermal water loss) yang mungkin terjadi pada kulit kering.

  1. Mempercepat pengelupasan kulit

Kulit kering terlihat bersisik dan bersisik. Untuk menghilangkannya, Anda bisa mengandalkan khasiat madu

Sebagai humektan, madu untuk kulit kering bisa terkelupas atau terkelupas. Ya, kulit kering bersisik juga bisa terjadi pada orang dengan infeksi jamur.

Berdasar penelitian yang diterbitkan dalam Central Asian Journal of Global Health, madu akasia dapat mempercepat penskalaan kulit lebih baik daripada royal jelly.

  1. Sumber Antioksidan

Penuaan kulit dapat disebabkan oleh paparan radikal bebas, seperti polusi sinar UV.
Nah, madu yang kaya lemak dapat memperlambat proses penuaan dan menunda munculnya kerutan.

Antioksidan bekerja dengan cara menetralkan dan “menangkap” radikal bebas.
Diluncurkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology, madu yang lebih gelap memiliki lebih banyak antioksidan yang baik untuk kulit.

Untuk perawatan kulit, pilihlah madu dengan warna gelap karena mengandung banyak antioksidan dan mineral yang membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

  1. Mengurangi risiko infeksi kulit

Orang dengan eksim mungkin lebih rentan terhadap infeksi kulit yang parah, seperti yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Saudi Journal of Biological Sciences menunjukkan bahwa madu manuka yang mengandung senyawa fenolik dan metilglioksal dapat menghambat pertumbuhan S. aureus. Namun, efektivitas madu manuka dalam menghambat bakteri tergantung pada konsentrasinya.

Sementara itu, penelitian lain dari Imunitas, Peradangan, dan Penyakit melaporkan bahwa luka S. aureus dan infeksi pada eksim tampaknya membaik setelah menggunakan madu manuka.
Namun, penelitian ini masih dalam skala kecil, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

Bagi anda yang memiliki kulit kering dan ingin memiliki kulit yang sehat dan segar, alangkah baiknya anda datang ke klinik kecantikan Bogor yang bernama D’SHE D’BEAUTY AESTHETIC. Sebagai klinik kecantikan yang sudah berpengalaman, klinik kecantikan D’She D’Beauty Aesthetic menyediakan berbagai jenis layanan kecantikan yang bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit anda. Anda dapat datang secara langsung ke Griya Bukit Jaya blok N.7 No.22 Gunung Putri, Bogor